Sabtu

Overclocking Pada Ponsel

overclocking CPUOverclocking CPU (Central Processing Unit) di ponsel, tablet atau smartphone. Membuat kinerja gadget menjadi lebih cepat. Artinya, kita bisa bebas menjalankan aplikasi dan atau permainan (game) tanpa harus menemui gerak lambat efek, loading data yang payah dan grafik yang patah-patah.

Overclocking meski menggiurkan terutama bagi para pencinta game, namun perlu diingat hal ini tetap tak bisa luput dari resiko. Contohnya, seperti saat kita mengendarai sepeda motor, jika kendaraan yang biasa berlari dengan kecepatan 50 km/jam ditrek datar perkotaan yang halus, harus berlari diarea pedesaan dengan kecepatan diatas 50 km/jam dijalan yang menanjak relatif kasar. Akibatnya konsumsi bensin lebih boros, packing mesin meleleh atau terbakar karena suhu mesin melonjak drastis, karena umur sepeda motor yang sudah tua atau dirancang bukan untuk medan tersebut. Hingga resiko menabrak hingga terbunuh dan sebagainya. Intinya, melebihi spesifikasi desain dari mesin dan atau driver, kondisi jalan ataupun kendaraan.

CPU juga demikian halnya, beberapa hasil yang mungkin menjadi kasar, komponen bisa saja menjadi stres, panas yang berlebihan, batere habis daya lebih cepat dan ketidak stabilan program-program yang dijalankan karena memperkerjakan CPU pada spesifikasi diluar parameter desain. Perlu dicatat! Seperti halnya pesiar dipedesaan, percepatan laju bisa sangat menyenangkan.

Sebelum melakukan overclock ada hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Persiapan Untuk Mengatasi Masalah

Pelajari cara melakukan shutdown atau hardrest dengan paksa dalam hal perubahan yang menyebabkan ketidakstabilan hingga hang. Contoh: OS android, tekan dan tahan tombol volume keatas (up) dan tombol home secara bersamaan.

2. Persiapan aplikasi

Telusuri halaman web dengan mesin pencari menggunakan kata kunci "overclock" dan "tweak". Dalam kasus ROM kustom banyak penyedia tentang tema ini dan kecepatan prosesor dapat diubah serta dapat melancarkan dalam kecepatan dan akslerasi kinerja processor yang menyebabkan permainan untuk zip bersama, meskipun akhirnya bisa saja salah satu aplikasi seperti contohnya e-reader menjadi stagnan dan diperlukan shutdown secara paksa atau dengan kata lain hardreset. Sekali lagi, penggunaan kata kunci dipencarian untuk istilah "overclock" dan "tweak" sangat penting kemudian download aplikasi yang menurut anda paling cocok untuk gadget anda.

Contoh: Aplikasi dan Software Dalingrin Tweaks aplikasi, tersedia di Android Market - yang khusus dirancang gadget dengan ROM CM7, prinsip kerjanya menggunakan konsep loncatan yang memungkinkan overclocking sedikit demi sedikit. Lainnya, software untuk PC: Everest, yang bisa menampilkan suhu komponen. Tegangan Kontrol Fitur untuk aplikasi yang lebih canggih, seperti milik Dalingrin, termasuk kontrol tegangan, yang memungkinkan untuk menyesuaikan pengaturan tegangan CPU dalam kaitannya dengan CPU. Misalnya, jika memilih menggunakan kecepatan CPU dari 1100 MHz dari tegangan yang disarankan 1.35V, anda dapat mengatur tegangan atas atau bawah. Ini sangat baik saat belum menemui hambatan, cukup menyesuaikan clock speed saja guna mencari tindakan lanjutan. Pembacaan suhu juga berguna untuk memantau overheating processor gadget. Ketersediaan energi dibatere dan kinerja menurunkan tegangan bisa meningkatkan daya tahan baterai, dan tegangan meningkat memberikan kekuatan lebih untuk fungsi overclocking CPU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...