Kamis

5G (802.11ac) jaringan wi-fi kecepatan tinggi

Tekhnologi 4G dijaringan broadband belum sepenuhnya bisa diimplementasikan diseluruh dunia karena ketatnya regulasi dan besarnya dana sebagai faktor penghambat. Sekarang lewat jaringan nirkabel wi-fi telah diperkenalkan 802.11ac (alias 5G Wi-Fi) yang kecepatannya mampu mencapai 1,3 Gbps. Jadi secara teknis, 5G Wi-Fi adalah standar nirkabel pertama yang sanggup memecah penghalang gigabit.

Jaringan 802.11ac memang tidak serevolusioner nama dan jaringannya, ini lebih mirip suplemen 802.11n, lebih tepatnya sebagai penyempurna 802.11n alias N atau Wireless-N, yang saat ini adalah Wi-Fi standar yang paling populer. Artinya bahwa router 5G Wi-Fi akan mendukung klien N dan klien 5G Wi-Fi juga dapat terhubung ke router N. Jadi, semua wireless-N adalah kompatibel dengan standar nirkabel yang sudah ada sebelumnya, termasuk diantaranya 802.11g, 802.11b, dan 802.11a. Itu berarti Anda dapat mengganti router yang anda miliki dengan router Wi-Fi 5G.

Lalu apakah perangkat yang kita pakai sudah support dengan 5G ?
Klien seperti komputer desktop dan laptop atau notebook dapat di-upgrade ke 5G Wi-Fi melalui add-in kartu PCIe, Mini-PCI card, atau bahkan USB adapter. Menurut NewYork Times, akhir tahun ini perangkat mobile dan komputer akan tertanam built-in 5G untuk dukungan Wi-Fi tersedia dipasaran.

5G wifi 802.11ac
802.11n (Wireless N)+802.11ac (5G Wi-Fi)

Selain kecepatan, perbedaan antara 802.11ac dari 802.11n terletak pada sistem kerjanya yang hanya berada di gelombang 5GHz dan mampu bekerja hingga lebar saluran 80MHz, sedangkan 802.11n bekerja di gelombang yang lebih rendah yaitu 20MHz. Jadi agar 5G bisa digunakan di semua perangkat N yang bekerja pada gelombang 2.4Ghz dan 5GHz dengan baik, semua perangkat 5G Wi-Fi akan datang dengan pita gelombang 2.4Ghz juga. Dengan kata lain, ketika menggunakan 5G Wi-Fi router nirkabel, akan memiliki 802.11ac pada gelombang 5GHz dan 802.11n pada gelombang 2.4Ghz sama baiknya.

Netgear menunjukkan bahwa 5G mampu memutar empat film yang beda dengan kualitas 1080p di empat HDTV secara bersamaan, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan dengan Wireless-N.

Benar-benar menggoda untuk dicoba bukan? :)

4 komentar:

  1. feed.
    Very good post. Id like to use some of this information on my blog if you dont mind, and Ill provide a link back to your site. Ill also be subscring to your blogs RSS i just thought i would tell you naklejki something.. This is twice now ive landed on your blog in the naklejki last 3 weeks searching for completely unrelated things. Spooky or what?
    some really interesting points you have written.


    TOP Google Ranking On Your Site

    BalasHapus
  2. the useful info! I would not have gotten this otherwise!
    Can I post part of this on my blog if I post a reference to this website?
    Just a and a highly interesting post to stumble at on this nice site! Never input any reply but now i couldnt i could not resist ..
    Thank you so much, nice job! This was what I had to know.negative ion generator reviews consumer reports
    air purifier made in germany
    meat purifier

    BalasHapus
  3. forestall it, any plugin or anything you may advise? I get a lot recently it is driving me mad so any assistance may be very a lot appreciated. Anyway, in my language, there arent much good source like this.
    Hello, i learn your blog sometimes and i personal an analogous one and i was simply wondering in case you get a whole lot of spam comments? In that case how do you amazon hydrogen water
    consumer reports hepa air purifier
    rensair air purifiers cost

    BalasHapus
  4. get a programmer to get it done to suit your needs?
    With all the doggone snow we have gotten as of late I am stuck inside , fortunately there is the internet, thanks for giving me something to do.
    shopbymark

    BalasHapus

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...