Sabtu

Bing mencoba merusak dominasi Google

bing search engineJika pertarungan jejaring sosial kian memanas, dengan dominasi berada ditangan Facebook dan pertarungan di media pencarianpun tak kalah serunya yang sekarang ini masih dikuasai oleh Google. Nampaknya Google telah menjadi musuh bersama dalam kasus media pencarian ini, pertarungan klasik dengan Yahoo yang tak berujung serta ikut sertanya Facebook yang bahu membahu bersama Microsoft dengan produk search engine-nya yaitu Bing.

Guna mengalahkan Google, Microsoft telah memperkenalkan set perubahan di Bing untuk meningkatkan pencarian dengan memanfaatkan keahlian teman di Facebook dan jaringan sosial lainnya. Ini akan memberikan hasil pencarian yang lebih pribadi untuk pengguna yang menginginkan sebuah pelaporan yang berhubungan dengan aktifitas pertemanan di jejaring sosial terhadap segala hal yang dicari.

Misalnya, jika login ke halaman Facebook anda melalui Bing, dan kemudian mencari sebuah rumah makan enak dan murah di Bali, anda akan mendapatkan hasil beserta foto teman yang telah berbagi beberapa afinitas di Bali yang telah diunggah ke Facebook sebelumnya. Baik itu ada dalam daftar sebagai tempat asal di profil mereka, posting dan mengunggah foto dari liburan di Bali, bahkan jika hanya sekedar menyukai pulau dan atau rumah makan saja di Facebook. Untuk mencari "rumah makan enak dan murah di Bali", hasilnya memungkinkan pencari untuk mengirim pertanyaan tentang rumah makan favorit teman-teman yang telah diidentifikasi oleh Bing, hebatnya adalah pencari tidak perlu meninggalkan halaman hasil Bing terlebih dahulu. Bing akan menunjukkan data hanya dari halaman Facebook teman-teman si pencari yang bisa dilihat dengan pergi langsung ke halaman yang dilaporkan. Artinya, pengguna diberikan pilihan untuk memanggil teman-temannya sebagai bagian dari pengalaman pencarian tersebut.

Versi baru dari Bing ini diklaim merupakan perbaikan terbesar ke mesin pencari sejak Microsoft memperkenalkannya tahun 2009 lalu. Hasil pencarian dapat memberikan laporan kepada pengguna seperti: membubuhkan keterangan untuk hasil yang diperoleh, apakah teman Facebook si pencari telah "menyukai" salah satu halaman Web yang ditemukan dalam pencarian sebelumnya yang telah dibagikan seseorang di jejaring sosial tersebut. Bing juga akan menyarankan kepada pencari yang dianggap mebutuhkan hasil pencarian tertentu untuk menjelajahi jejaring sosial yang lain seperti Twitter, Quora dan LinkedIn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...