Senin

Wajah jejaring sosial baru Nextdoor.com

nextdoor.com

Ketika banyak orang memperdebatkan masalah interaksi di dunia nyata yang semakin tipis dan digantikan oleh interaksi semu di internet. Nextdoor sebuah situs jejaring sosial yang menitik beratkan kepada hubungan dari orang-orang yang tinggal disuatu area yang saling berdekatan atau sebagai tetangga mereka. Merupakan sebuah langkah maju sekaligus pencegahan yang cukup efektif untuk menahan laju kehidupan virtual dewasa ini.

Nextdoor sangat berbeda konsepnya dengan situs jejaring sosial pada umumnya seperti Facebook, Twitter, Google+ dan lain-lain. Mereka menitik beratkan pada hubungan timbal balik nyata antar teman yang notabene tetangga mereka sendiri. Berbagi informasi dan pemecahan masalah yang timbul dirumah masing-masing. Contohnya, saat saluran air dirumah mengalami masalah, teman nextdoor dapat memberikan rekomendasi tukang ledeng terdekat dan bisa dipercaya untuk membetulkan pipa dirumah.

Pihak nextdoor memberikan pernyataan, situs ini akan mampu menjaring banyak pengiklan lokal sehingga bisnis lokal bisa berkembang nantinya. Selain itu untuk mengikuti postingan dan atau berita terbaru, anggota tidak perlu mengunjungi situs web. Mereka bisa memilih menerima setiap pembaruan lewat email saja.

Sepertinya situs yang satu ini berniat membangun resistensi terhadap bentuk kehidupan dan hubungan semu didunia maya yang semakin tak terbendung. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...