Selasa

3 langkah privasi internet

internet dengan amanPrivasi, tema yang paling dipermasalahkan sekarang ini terlihat begitu penting untuk dibahas. Apa saja yang perlu diketahui untuk mengambil langkah privasi:

1. Sudah tersedianya "Do Not Track", sebuah perangkat yang akan mengaktifkan pencegahan aktivitas cookie online yang bisa digunakan untuk menampilkan iklan pribadi. Pengguna hanya cukup melakukan opt-in sekali saja dan.

2. Perlakuan universal terhadap standarisasi untuk aplikasi mobile sehingga pengguna tahu persis sebuah aplikasi akan mengakses data apapun dan bagaimana akan menggunakannya. Misalnya, jika sebuah aplikasi akan menggunakan daftar kontak, kita akan tahu sebelum mengunduhnya.

3. Sudah ada sebuah situs web baru yang mampu mengidentifikasi pengguna, biasa disebut dengan istilah BROKER DATA yang mengumpulkan dan menjual informasi kita kepada pengiklan. Situs ini membuat advertiser menjadi mudah untuk melihat informasi apa yang telah dikumpulkan tentang pengguna dan siapa yang menggunakannya.

Setelah mengetahui faktor-faktor diatas, berikut langkah-langkah yang bisa diambil untuk menjalankan privasi saat kita akan melanglang buana di dunia maya.

Dimulai dengan pilihan "lite privasi", dengan menggunakan alat Do-Not-Track. Fungsinya untuk "menyamarkan" saat kita online sepenuhnya menjadi anonimous.

1. Instal fitur Do Not Track di browser yang kita pakai. Setelah terinstall, aktivitas data tidak akan dilacak dan digunakan untuk iklan pribadi. Plug-in secara otomatis akan mengirim "sinyal" ke situs web yang memberitahukan bahwa kita tidak ingin dilacak.

2. Gunakan browser berkeamanan tinggi yang menyediakan fasilitas plug-in alternatif. Contohnya, jika kita menggunakan Firefox Browser atau Internet Explorer, bisa memakai Cocoon. Hanya dengan satu kali klik! Pengguna akan memasuki "zona browsing aman" yang mencegah website menginstal pelacakan cookie, dengan kata lain, ini adalah perisai alamat IP sehingga komputer kita tidak akan bisa dikenali. Selain itu bisa juga menghasilkan alamat email anonimous yang digunakan untuk mendaftar di salah satu alamat website. Sayangnya versi gratis dari Cocoon ini memiliki iklan, meskipun menurut pernyataan mereka tidak bergantung pada pelacakan. Sedangkan agar Coocon tidak muncul iklan akan dikenakan tarif premium sebesar 5 dollar per bulan (Cocoon Plus).

3. Gunakan all-in-one privasi agar bisa menjadi "browser tersamar". Contohnya Tor. Pengguna harus memulai sesi Internet dengan Tor, untuk menghindari pembacaan lalulintas browser menjadi tidak seperti biasanya dan mustahil untuk dilacak. Perlu digaris bawahi, terkadang saat memakai Tor, melihat video streaming akan diblokir, tidak ada akses ke media sosial dan tidak bisa masuk ke Google. Kecuali jika kita menggunakan aplikasi tambahan yaitu SSH.

Jadi...untuk benar-benar privat konsekuensi yang harus diterima memang sedikit membuat frustasi. Sekarang terserah anda, akan privat atau tidak sama sekali!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...