Rabu

Server baru Facebook berpendingin alam

server facebookFacebook telah membangun server (pusat data) baru di Lulea, sebuah kawasan di Swedia bagian Utara. Alasan mengapa dibangun disana karena iklim yang dingin dan merupakan wilayah dengan pembangkit listrik yang tidak pernah memiliki gangguan sejak tahun 1979. Server di Lulea adalah pembangunan server pertama Facebook dari tiga yang telah direncanakan diluar wilayah AS. Bangunan server ini sangat besar, panjangnya mencapai 317 meter dan lebarnya 100 meter.

Iklim yang dingin dan ketersediaan energi listrik terbarukan dari tenaga air adalah alasan utama Facebook menempatkan servernya di Lulea. Dari hasil listrik tenaga air yang mampu menghasilkan arus sebesar 145 kilo volt dan letak pembangkitnya tidak berjauhan dengan server sebagai pusat tenaga operasionalnya. Jaringan listrik diklaim stabil dan telah digunakan terus menerus sejak tahun 1979, hal ini juga dibuktikan dengan pemakaian 120 mega watt saat pembangunan server ini dan pembangkit listrik tetap stabil. Bagi Facebook ini merupakan faktor penting karena akan mengurangi 70 persen cadangan listrik diesel mereka.

Iklim dingin dipakai untuk mendinginkan ribuan server. Facebook-pun telah mengembangkan tekhnologi pendinginnya sendiri. Server di Lulea ini kemungkinan diperuntukkan menangani lalu lintas data di Eropa. Sedangkan untuk wilayah lain, kemungkinan besar akan segera dibangun.

Jadi...apakah Facebook punya rencana untuk mendirikan dikawasan asia? Mari kita tunggu beritanya!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...