Jumat

Terbebas dari cache dan history

terbebas dari history dan cacheSelama ini kita cenderung memakai browser built-in, yang harus diinstall terlebih dahulu diperangkat kita. Namun timbul sebuah pertanyaan besar, apakah mungkin kita bisa memakai aplikasi browser portabel yang membuat kita tidak lagi terikat atau terpatok dengan satu atau dua perangkat? Selain itu, faktor keamanan juga menjadi masalah, saat perangkat yang kita pakai pasti akan meninggalkan history dan chace, bayangkan jika data transaksi keuangan dan data pribadi lainnya yang tidak boleh diketahui orang lain, karena history dan chace yang tertinggal dibrowser pada perangkat yang telah kita pakai kemudian dilacak dan bisa diakses oleh orang lain? Meskipun hal itu bisa dihindari dengan membersihkan history dan chace setelah kita selesai tetapi cenderung merepotkan dan terasa berat saat kita melakukannya.

Pada dasarnya aplikasi cloud drive merupakan alternatif dengan beberapa kecepatan dan manfaat keamanan selama instalasi hard-drive, meskipun file yang tersembunyi masih dapat ditinggalkan dan cache browser masih tertinggal.

Sekarang ini kita bisa mengatasi masalah keamanan dan kemudahan berselancar didunia maya. Caranya dengan memakai aplikasi yang tidak membutuhkan pengaturan yang terekam di registri komputer. Hanya dengan USB flash drive, menjalankan perangkat lunak dengan kemampuan bekerja yang lebih cepat dan aman, serta mempunyai nilai tambah bisa dipakai dimana saja dengan perangkat apapun.

Berikut ini adalah panduan penggunaannya:

Penyiapan Alat

USB flash memory stick atau hard drive portabel atau harddisk portabel dengan konektor USB sebagai penghubung. Tidak perlu drive yang berkapasitas besar.

Langkah Awal

Pastikan memory yang tersisa mencukupi untuk menyimpan aplikasi yang akan ditanam. Jika ternyata memory tidak mencukupi, hapus file yang tidak diperlukan. Caranya: klik option, lalu pilih "Open Folder to View Files". Klik kanan, hapus file yang diinginkan. Jika akan menghapus semuanya bisa langsung diformat.

Pilih platform

Contohnya jika memilih platform PortableApps menggunakan sistem jenis open source. Lalu browser yang akan digunakan adalah Mozilla Firefox dan atau Microsoft officeyang kompatibel dengan versi OpenOffice. PortableApps versi 10,1 membutuhkan memory sebesar 6 MB, dan OpenOffice membutuhkan 230 MB.

Unduh Platform

Mengunduh platform misalnya ke USB Flashdisk, mulailah dengan OpenOffice, perlu diingat! Download langsung ke USB Flashdisk.

Membuka Apps

Cabut USB Flashdisk (safe remove program). Masukkan kembali USB Flashdisk tadi, muncul kotak dialog AutoPlay. Pilih "Open Folder to View Files" pilih aplikasi yang telah didownload lalu klik "Start".

Menggunakan Apps

Double klik pada aplikasi open office. Pilih Writer Portable untuk membuka dokumen Word untuk mengetik tulisan. Masukkan beberapa karakter untuk menguji dan kemudian save. Simpan ke memory USB Flashdisk. Kemudian coba semua aplikasi yang telah ada, seperti langkah diatas.

Aplikasi Lain

Jelajahi broweser aplikasi Chrome dan Firefox yang telah ada di USB, keduanya tidak akan meninggalkan cache dikomputer setelah dipakai.

MozillaThunderbird, sangat dianjurkan untuk Portable Edition bagi yang tidak ingin meninggalkan informasi pribadi apapun di memory komputer.

GIMP Portable adalah versi dari GIMP untuk Windows yang menyediakan gambar authoring

Inkscape Portable adalah vektor grafis editor dengan fungsionalitas mirip dengan Adobe Illustrator

Selamat mencoba, terbebas dari cache dan history! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...