Senin

Sering lupa password?

cara memulihkan passwordBanyak cara yang bisa kita pakai untuk menuliskan pasword disuatu situs yang mengharuskan kita untuk login. Cara menuliskan pasword agar aman dan susah untuk diretas atau dicuri antara lain:

1. Menggunakan campuran antara huruf dan angka, huruf kapital dan kecil serta tandabaca yang lazim

2. Memakai kata yang unik dan dianjurkan tidak ada dalam kamus

3. Menggunakan pertanyaan keamanan pribadi yang spesifik dan sulit ditebak

4. Menggunakan frase yang panjang dll.

Masalah akan timbul saat pasword yang kita gunakan dari satu alamat web dengan yang lain berbeda, hal ini sebenarnya baik dan sangat dianjurkan untuk mengecoh dan mencegah peretas atau malware bisa mengakses ke semua akun yang kita ikuti, pasword yang berbeda-beda dan menggunakan kata unik sekaligus campuran dari angka dan huruf serta panjang menjadi menakutkan jika kita lupa. Meskipun hampir semua situs menyediakan langkah pemulihan dan reset pasword melalui beberapa pertanyaan keamanan pribadi, tetapi langkah ini sangat tidak disarankan jika kita lupa pasword untuk akun yang berhubungan dengan investasi, uang atau jaminan, karena para peretas mampu memasang jebakan dan menemukan alur terhadap akun yang kita akses.

Lalu bagaimana caranya kita bisa menyimpan dengan aman pasword yang bermacam-macam serta unik dan susah diingat? Ada 1 aplikasi yang memungkinkan kita menyimpan semuanya dan mampu mengantar kita ke semua situs yang kita ikuti berdasarkan satu persatu pasword yang ada hanya dengan 1 kali klik!. Aplikasi ini diklaim sangat aman dan mudah. Aplikasi yang dimaksud adalah Password Manager, sebuah aplikasi yang aman menyimpan dan mengambil informasi pasword. Dalam penggunaannya hanya perlu mengingat satu "master" pasword, untuk membuat perubahan atau penambahan. Dasar kerja aplikasi ini adalah menghafal dan memasukkan setiap nama pengguna dan password saat pertama akan login ke sebuah situs. Untuk login ke situs yang dituju, cukup klik pada login yang disimpan dalam master pasword dan secara otomatis perangkat lunak ini akan pergi ke situs yang kita inginkan, memasukkan username dan password dan klik tombol submit untuk kita. Semua hanya dalam satu kali klik.

"Cloud" jaringan yang luas dari server dan prosesor di Internet - juga menjadi daerah yang semakin populer untuk menyimpan pasword sehingga memungkinkan untuk diakses dari beberapa perangkat sekaligus. Tetapi sebelum beralih ke layanan sandi manajemen berbasis cloud ini, alangkah lebih baiknya meninjau kualitas layanan terlebih dahulu. Ini perlu dilakukan untuk memastikan terhadap kemungkinan terjadi kebocoran data atau praktik database yang tidak aman.

Jadi, silakan pilih manajemen pasword yang seperti apa yang lebih anda sukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...