Senin

China vs Anonimous

China tidak hanya membangun tembok besar didunia nyata, tetapi juga mulai berusaha mewujudkannya didunia cyber. Salah satunya adalah menghambat dan bahkan mematikan akses anonimous user yang mencoba masuk ke jaringan internet China. Layanan anonimous yang dimaksud adalah Tor Project sebuah jaringan bebas yang menyediakan layanan menyembunyikan lokasi pengguna dan penggunaan dari pengawasan serta analisis lalu lintas internet. Pada dasarnya, Tor project menyediakan anonimitas online untuk siapa saja yang menginginkannya.

china melawan anonimous

Di Tor, pengguna dapat mengirim email, web surfing dan posting online disitus manapun, tanpa ada yang mengetahui siapa atau di mana pengguna berada. Tor secara luas telah diakui sebagai alat penting sebagai kebebasan berekspresi.

Bagi China yang berusaha membentengi akses informasi yang bisa melemahkan pemerintahan atau ideologi dari luar kasus ini sangatlah penting. Maka tidak mengherankan jika kemudian secara aktif mereka memblokir akses ke dan dari jaringan Tor. Sayangnya untuk bisa memblokir dari jaringan Tor tidak bisa dilakukan dengan mudah, maka dari itu China hanya menitik beratkan kepada pemblokiran akses keluar yang akan berinteraksi dengan server-server Tor. Dengan kata lain, mencegah akses ke Tor, untuk memblokir akses dari dalam negeri untuk relay masuk dari Tor.

China sudah tahu benar cara untuk mengatur proses estafet rahasia relay-relay server Tor dan mencoba untuk terhubung ke jaringan di seluruh China kemudian mencoba untuk membuat koneksi sendiri lalu melakukan blok akses untuk alamat IP yang terdeteksi. China mampu mendeteksi lalu lintas Tor melalui pembedaan dari jenis-jenis lalu lintas internet.

Meski belum bisa 100 % dikatakan berhasil China terbebas dari user anonimous, tetapi China sudah berani mengambil resiko bahwa nantinya masyarakat mereka akan semakin pintar dan ahli dalam meretas tembok besar negaranya. Kita tunggu saja cerita lanjutannya... :)

Sumber: http://arxiv.org/abs/1204.0447

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...