Senin

Google Meluncurkan Aplikasi Laporan Aktifitas Pengguna.

update laporan aktifitas pengguna googleSetelah melakukan perubahan kebijakan tentang privasi baru-baru ini, Google telah meluncurkan fitur baru yang akan memberikan kepada seluruh penggunanya laporan update bulanan untuk membantu melacak aktivitas dibeberapa situs Google serta semua aplikasinya. Ini disebut Aktivitas Akun (account actifity), pengguna dapat menerimanya melalui e-mail dengan link ke halaman yang dilindungi oleh kata sandi pribadi pengguna.

Fitur ini diumumkan Rabu tanggal 28 Maret 2012 di blog resmi Google.

Sayangnya laporan ini tidak secara otomatis bisa langsung digunakan oleh pengguna. Pengguna diharuskan registrasi terlebih dahulu untuk mengakses layanan ini. Berdasarkan contoh laporan terkini(update), informasi dipencarian Google, topik yang paling populer yang Anda cari dan jumlah e-mail yang dikirim dan diterima akan disertakan. Selain itu Google juga akan menunjukkan lokasi di mana akun anda digunakan dan perangkat apa saja yang digunakan untuk masuk kedalamnya yang oleh Google disebut lapisan keamanan tambahan.

Mengetahui lebih lanjut tentang aktivitas akun anda sendiri dapat membantu anda mengambil langkah untuk melindungi akun Google anda.

Sebagai contoh, jika Anda melihat tanda "IN" (masuk) dari negara di mana anda belum pernah membukanya disana atau melalui perangkat yang belum pernah dimiliki, anda dapat mengubah password dengan segera dan mendaftar untuk tingkat keamanan tambahan yang disediakan hanya melalui dua langkah verifikasi.

Pada tanggal 1 Maret 2012, Google memperkenalkan kebijakan privasi baru di mana telah menciptakan satu profil untuk setiap pengguna berdasarkan aktivitas mereka di semua banyak produk layanan Google. Dimulai dari pencarian ke Gmail untuk perangkat mobile yang berjalan pada sistem operasi Google Android.

Kebijakan privasi baru ini menyebabkan kekhawatiran beberapa kalangan yang menilai informasi pribadi pengguna akan disimpan oleh pihak Google. Namun Google menyatakan tidak akan pernah mengumpulkan informasi baru dan hanya menyusun apa data itu sudah ada dalam cara yang akan lebih jelas dan dapat membantu menciptakan produk dan fitur baru bagi penggunanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...