Selasa

Barang hilang kini bisa ditemukan menggunakan ponsel

ugrokit alat pencari melalui smartphoneSistem berbasis smartphone yang dapat digunakan untuk mencari barang hilang, yang dikenal sebagai BiKN sekarang punya saingan yang lebih hebat dalam segi harga dan kegunaan. Alat pencari tersebut adalah Ugrok. Aplikasi ini terdiri atas medan elektronik yang diselipkan ke ponsel, dirancang untuk melacak keberadaan tag frekuensi radio dan bisa digunakan dengan menempelkannya pada kunci mobil, tas, dan lain-lain.

Prinsip kerjanya, ponsel akan menampilkan lokasi dari barang dicari atau dapat membunyikan alarm jika salah satu dari mereka terlalu jauh dari ponsel sebagai sumber gelombang sinkronisasi pencari. Meskipun bentuk dan prinsip kerja BiKN dan Ugork mirip, tetapi tekhnologi dan dayagunanya sangat berbeda. Ugork terdiri dari semacam unit "induk" (dikenal sebagai Grokker) yang dipasang ditelepon melalui jack headphone. Obyek barang yang akan dicari ditempel menggunakan semacam tag (barcode) yang melekat pada item yang memungkinkan mudah terselip atau hilang.

Ugrok menggunakan label datar tidak seperti BiKN yang relatif lebih ribet. Label-label ini menggabungkan antena sederhana yang memancarkan sinyal radio kemudian disinkronkan dengan Grokker. Setiap label juga berisi microchip kecil yang sebagai pengubah sinyal, untuk menyampaikan sejumlah 96-bit yang unik untuk label tersebut. Metode referensi silang angka dengan data base dibarang-barang yang telah diberi label, sehingga perangkat lunak pada ponsel dapat mengidentifikasi dari setiap barang yang terdeteksi. Pendengaran dan isyarat visual yang ditampilakan di ponsel akan memandu pengguna ke barang yang terselip atau hilang tersebut.

Salah satu keuntungan dari pemberian label ini adalah dalam segi harga yang lebih murah dan bentuknya yang tidak menonjol dibandingkan tag milik BiKN. Harga perlabel (tag) dipatok sekitar satu dollar US. Label-label tersebut juga tidak memerlukan baterai, sedangkan BiKN memakai baterai. Hal ini dapat menggambarkan betapa pemakaian daya Ugork sangat sedikit, daya hanya dibutuhkan untuk menangkap dan mengirim sinyal radio Grokker. Jangkauan Ugork memang terbatas, hanya sekitar enam sampai sepuluh kaki (1,8 sampai 3 meter). Jarak itu memang bagus untuk beberapa tujuan, tetapi tidak sehebat yang diberikan oleh BiKN yaitu mampu mencapai jarak hingga 100-kaki (30,5 meter) dalam ruangan dan 500-kaki (152 meter) diluar ruangan.

Hal ini bisa dimaklumi, karena Ugork memang dikhususkan hanya pada barang2 tidak bergerak dan relatif lebih kecil, jenis barang-barang yang telah ditag bahkan dapat dikelompokkan, dalam satu nama seperti "Tas Kerja", dalam contoh khusus ini, Ugork hanya akan mencari tas kerja sebelum menuju keluar pintu rumah dan itu akan mengingatkan kita jika ada peralatan kerja yang biasa atau harus ada didalamnya, tidak berada disana. Meskipun prototipe kerja sistem secara terbuka telah dipamerkan, Ugrok Masih belum tersedia secara masal. Namun bagi konsumen yang tertarik dan ingin memilikinya sebelum tanggal peluncuran dipasarkan, dapat menghubungi situs resminya. Hingga artikel ini saya terbitkan, belum ada penjelasan dan daftar tentang kompatibilitas tipe ponsel yang support dengan alat ini. Jadi... kita tunggu saja seberapa hebat Ugork mampu mendominasi dan menggeser posisi BiKN.

3 komentar:

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...