Jumat

CAPTCHA, NuCaptcha dan re-CAPTCHA

re-captchaNampaknya kegagalan CAPTCHA (Completely Automated Public Touring test to tell for Computer and Human Apart) untuk menanggulangi kenakalan-kenakalan hacker dan mesin bot ataupun spammer mulai ditinjau kembali baik metode data yang dipakai sampai kemungkinan penggunaan aplikasi tambahan.

Re-CAPTCHA (CAPTCHA terbaru) mulai diuji coba oleh Google untuk mengatasi hal-hal diatas, prinsip dasarnya memang masih sama, berpedoman pada "sedikit lebih mudah bagi manusia dan lebih sulit bagi mesin bot", dalam hal ini Google melakukan eksperimen dengan menggunakan campuran gambar digital nomor-nomor jalan hasil pembacaan Googlemap dengan sambungan kata unik acak untuk memperkuat teknologi otentikasi re-CAPTCHA. Sebelumnya captcha hanya menggunakan satu set atau lebih karakter teks yang terdistorsi yang harus dimasukkan untuk mengakses area website. Dengan percobaan re-CAPTCHA, Google menggunakan satu set karakter teks menyimpang dan satu gambar digital acak dari sejumlah alamat jalan yang telah diekstrak dari hasil pembacaan Googlemap yang mampu memberikan pandangan hingga 360 derajat dari suatu daerah tertentu secara akurat.

Sebelumnya memang telah diterapkan satu metode bernama NuCAPTCHA, yang menggunakan metode suara dan video tetapi belum lama sistem ini dijalankan, ternyata para hacker dan spammer sudah mampu menemukan metode untuk untuk mengalahkan NuCHAPTCHA ini. Bahayanya lagi ada sebuah organisasi peneliti, telah mengembangkan sebuah alat yang mampu secara otomatis memecahkan CAPTCHA di situs populer seperti Wikipedia, eBay, dan CNN.

Apa yang dilakukan Google ini mengingatkan kita pada Sistem Ontentikasi Sosial Facebook, dimana pengguna yang pernah kehilangan akses ke Facebook harus mengidentifikasi berbagai foto teman yang dipilih secara acak. Meskipun jika pengguna melakukan beberapa kesalahan saat identifikasi tersebut, masih bisa lulus dan mendapatkan akunnya kembali.

Pada dasarnya, CAPTCHA adalah hal yang dibenci oleh pengguna namun dicintai dan dibutuhkan oleh penyedia layanan online.

6 komentar:

  1. Wah makasih infonya nih sob..

    artikelnya sangat bagus, sangat membantu

    BalasHapus
  2. sangat betul sekali lek,kalo chapca itu di benci sama pengguna.terutama pengguna yg pakai hp

    BalasHapus
  3. nambahin recaptcha efektif bgt buat blokir komentar spam atau komentar yang bersifat otomatis. :D

    makasih atas infonya gan

    BalasHapus
  4. Thanks sudah sudi berkunjung gan...
    Mohon bimbingannya ya :)

    BalasHapus

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...