Senin

Mesin Pencari Baru Wikipedia

wikipedia menggunakan swipe search engineWikipedia akan segera merombak habis mesin pencari yang mereka gunakan. Sebuah prototipe plug-in yang dapat melakukan pencarian berdasarkan beberapa kata kunci menjadi satu kesatuan akan diperlihatkan di Konferensi World Wide Web di Lyon, Perancis, bulan April 2012. Sistem ini dinamai swipe, singkatan dari "Searching Wikipedia by Example" (mencari Wikipedia dengan contoh). Perangkat lunak ini bertujuan agar pengguna dari ensiklopedia online mendapat jawaban yang akurat melewati pertanyaan atau kata kunci yang rumit dan kebanyakan mesin pencari akan tersandung atau kesulitan untuk memberi report yang akurat. Misalnya, mencoba untuk mencari tahu penyayi dangdut yang memenangkan penghargaan platinum ketika mereka masih berumur dibawah 25 tahun dalam 10 tahun terakhir. Pertanyaan seperti ini menjadi relatif sederhana ketika menggunakan program swipe.

Untuk menggunakan Swipe, pertanyaan memang tidak diketik dalam bentuk kalimat kompleks seperti diatas, tetapi Swipe ini tetap dirancang untuk pengguna sehari-hari melalui kotak-kotak teks yang disediakan, jadi pengguna yang tidak mempunyai pengetahuan tentang bahasa query database bisa menggunakannya tanpa kesulitan. Swipe di Media Wiki, sebagai perangkat lunak Wikipedia adalah produk dariDBpedia, yang telah mengoleksi sebanyak 3,6 juta entri data yang disimpan dari halaman Wikipedia. Letak data akan muncul dikotak info disisi kanan dari entri Wikipedia, sebagai daftar rincian yang digunakan untuk menggambarkan keadaan yang diinginkan pengguna, seperti tanggal, harga, usia, ketinggian, nama, tempat, jarak, kecepatan, byte, waktu berjalan dan koordinat geografis.

Swipe "benar-benar mengaktifkan" kotak-kotak info Wikipedia, memungkinkan pengguna mengambil data didalamnya dan membuat versi tweak. Dengan berbuat demikian permintaan data yang diinginkan akan sampai kehalaman yang cocok dengan informasi terkini.

Nampaknya Wikipedia semakin siap menyongsong era digital sepenuhnya, ini benar-benar patut ditunggu, seperti apa Swipe (DBmedia) mampu mengantarkan sebuah search engine yang mumpuni.

1 komentar:

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...