Selasa

Yahoo mulai merambah web-mobile berbasis open source

yahoo mojitoSebuah terobosan yang brilian dilakukan oleh Yahoo.

Yahoo telah merilis sebuah kerangka aplikasi open source Mojito dengan komunitas open source dibawah lisensi BSD. Mojito adalah Model View Controller (MVC) yang merupakan kerangka JavaScript aplikasi Web yang telah dibangun hingga penyempurnaan tahap tiga dari Yahoo open source JavaScript atau biasa disebut dengan Yahoo User Interface Library (YUI 3).

Disini MVC bertugas sebagai perangkat lunak yang mengisolasi domain logic dari user interface (UI), memungkinkan untuk berkembangnya pengujian independen dan pemeliharaan sambil memberikan kesempatan antara input logic, bisnis logic dan UI logic. Kehebatan Mojito adalah mampu berjalan baik pada client ataupun server, bahkan keduanya.

Perlu diingat, JavaScript adalah bahasa de facto untuk Web yang sayangnya dalam hal penggunaan di mobile-Web JavaScript kadang tidak bisa berjalan di client. Disini Mojito tampil memecahkan masalah dengan running kode bahkan dalam kondisi jaringan yang buruk sekalipun. Mojito adalah kombinasi dari HTML5, Node.JS, JavaScript dan tweak. Mojito adalah Web developer dan Yahoo mencoba untuk bekerja sama, dalam menggunakan kerangka kerja untuk membangun dan menjadi jawara dalam penguasaan mobile-web yang lebih cepat daripada yang lain.

Mojito memungkinkan penulisan devs kode hanya sekali dan mampu menjalankannya di berbagai perangkat dengan sedikit tweaking. Yahoo-pun telah menggunakannya untuk membangun aplikasi hibrida seperti Yahoo Livestand, Fantasi Finance dan Fantasy Premier Football League Mobile-Web app. Kerangka kerja ini berjalan pada client dengan menggunakan mesin embeded client JavaScript, di server dan Node.JS.

Meskipun ide di balik Web adalah akses universal dan lingkungan standar untuk aplikasi, pembuat browser setuju untuk tidak setuju pada hal-hal mendasar dalam ketidak simpelan. Yahoo memang berkesan berjudi dengan kredibilitas mereka. untuk kerangka yang menawarkan satu platform untuk aplikasi client dan server yang diarahkan kelingkungan mobile.

Yahoo benar-benar menambah amunisi untuk penguatan disektor mobile yang berpusat di sekitar ponsel dan data. Diyakini oleh Yahoo, Mojito dapat memberikan konteks runtime didalamnya merupakan koneksi data yang tersedia untuk aplikasi mobile, kecepatan koneksi dan bandwith. Hal ini juga mungkin memberikan mitigasi puncak, yang menangani masalah-masalah seperti ketika sebuah perangkat kehabisan daya, ketika mungkin pergeseran pada banyaknya lalulintas dan permintaan ke server.

Mojito akan dioptimalkan untuk konten penerbit dan beralih secara dinamis antara hosting dan eksekusi client, tergantung pada bandwidth dan kekuatan client itu sendiri.

2 komentar:

ikuti blog ini!

about me!

Foto saya
tak pernah puas dalam mencari dan selalu meniru gerak "bola" bergulir...terus bergulir...